Selasa, 28 Februari 2017

Waspada, Mager Membawa Penyakit Berbahaya


Waspada, Mager Membawa Penyakit Berbahaya --  Bahaya mager – Istilah mager telah sangat ramai dipakai masyarakat Indonesia, terutama para remaja. Mager adalah sebuah singkatan yang tidak baku dari malas gerak. Ternyata mager sudah menjadi kebiasaan segolongan besar orang. 

Di tahun 2013 lalu, angka penduduk yang memiliki perilaku kurang bergerak di Negara kita sebanyak 42% dari keseluruhan penduduk berusia di atas 10 tahun. Kebiasaan buruk mager ini jelas berbahaya bagi kesehatanmu. Simak seberapa berbahayanya mager ini.

1. Meningkatkan Risiko Osteoporosis


Mager akan berdampak langsung pada kepadatan tulang Anda. Jarang bergerak akan membuat tulang Anda melemah. Malas bergerak akan mmenyebabkan otot-otot di sekitar tulang meluruh dan akhirnya terjadilah pengeroposan tulang atau disebut juga dengan osteoporosis.

2. Mudah Mengalami Stress


Mager ini jauh lebih parah daripada istilah santai atau rileks. Dengan bersantai sejenak kita mungkin dapat menghindari stress. Namun, jika mager, terlalu santai dalam waktu yang lama, ini beda cerita lagi, Anda akan diserang stress yang lebih parah. Saya yakin bahwa sebagian besar di antara kalian pernah mendengar hormon bahagia yang disebut hormon endorphin, hormon ini bertugas untuk membuat mood Anda bahagia. Mager akan membuat hormon ini terikat dan tidak banyak berfungsi.

3. Tekanan Darah Tinggi


Sirkulasi darah yang lancar hanya bisa didapatkan jika Anda aktif beraktivitas fisik. Jika kamu sukanya mager, maka siap-siap saja tekanan darah kamu akan meninggi akibat sirkulasi darah yang tidak lancar.

4. Memicu Obesitas


Keaktifan badanmu akan berbanding dengan kecepatan metabolisme di dalam tubuh. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin aktif kita dalam bergerak, maka metabolisme pun akan semakin cepat. Mager jelas memperlambat metabolisme. Lambatnya metabolisme ini adalah salah satu penyebab paling ampuh dalam menaiknya berat badan dan sampai obesitas. 

5. Anti Sosial


Malas bergerak ini cenderung membuat seseorang hanya berada di satu tempat, biasanya kamar. Jika dibiarkan berlarut-larut, Anda bisa mengalami anti sosial bahkan pada keluarga sendiri. Sedangkan hidup dengan bergaul dengan orang lain itu sangat perlu, minimal Anda harus bisa bersosialisaso dengan tetanga-tetangga.

Jika diteliti lebih lanjut, bahaya mager ini mungkin akan sangat banyak lagi. Di Indonesia telah hadir iklan di televisi yang mengajak warga Indonesia untuk bergerak. Hal ini seharusnya bisa membangkitkan kesadaran kita. Ayolah bergerak, tidak lucu jadinya jika kita jatuh sakit hanya gara-gara mager ini. 

Salam sehat dari www.TokoFiforlif.id

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon