Senin, 27 Februari 2017

Bahaya Membiarkan Gigi yang Belubang dan Cara Mengatasinya

Tags


Bahaya membiarkan gigi berlubang dan cara mengatasinya – Digestive system atau disebut juga dengan sistem pencernaan yang sangat penting di tubuh kita ini diawali dengan satu proses penting yaitu mengunyah makanan dengan menggunakan gigi. Hal ini membuktikan bahwa gigi memiliki peran yang sangat penting bagi manusia. Sayangnya, kebanyakan orang sering mengalami gangguan pada gigi seperti gigi berlubang yang kemudian menyebabkan sakit gigi.
Gigi berlubang umumnya disebabkan oleh kuman dan bakteri. Gigi berlubang dianggap sepele oleh masyarakat dan kebanyakan dari mereka hanya membiarkannya saja. Padahal, gigi berlubang yang dibiarkan tanpa diobat akan berdampak sangat buruk.
1. Infeksi Pembuluh Darah
Bahaya yang paling umum mengancam dari gigi berlubang adalah terinfeksinya pembuluh darah. Hal ini dapat terjadi karena bakteri dan kuman dari gigi berlubang dapat masuk dan menginfeksi pembuluh darah. Infeksi pembuluh darah ini pun sanat berbahaya bagi kesehatan Anda karena dapat menganggu kelancaran peredaran darah.
2. Radang Gigi Akan Menyebar ke Organ Lain
Sama seperti bakteri dan kuman yang dapat masuk ke pembuluh darah, peradangan yang terjadi pada gigi berlubang juga dapat menyebabkan muncuknya peradangan pada organ-organ lain. Organ lain yang biasanya akan turut terganggu adalah organ seperti organ ginjal dan patu-paru. Jika peradangan memang sudah sampai ke paru-paru atau pun ginjal, maka fungsi organ tersebut tidak akan optimal seperti sedia kala.
3. Keompangan
Gigi berlubang yang tidak mendapat penanganan adalah salah satu faktor utama dari keompongan atau kehilangan gigi. Ggigi berlubang yang dibiarkan dalam waktu yang lama akan membusuk dan tentu tidak berfungsi seperti gigi sehat lainnya. Selanjutnya gigi yang sudah separah ini mau tidak mau harus dihilangkan alias dicabut.
4. Sinusitis
Saraf-saraf yang menyebabkan sinusitis terletak dekat dengan gigi bahkan langsung berhubungan dengan syaraf gigi. Jadi, apabila Anda menderita sakit gigi dan sakit tersebut tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka sakit tersebut dapat menyebabkan gangguan sinusitis.
5. Komplikasi dan Kematian
Tak tanggung-tanggung, bahaya dari gigi berlubang ini bisa sampai menyebabkan kematian mendadak. Hal ini disebabkan terjadinya komlikasi atau gangguan organ lain yang dipicu oleh sakit gigi tersebut.
Setelah mengetahui bagaimana berbahayanya gigi berlubang, tak lengkap rasanya jika Anda tidak sekaligus mengetahui cara mengatasinya. Selain dnegan cara pergi ke dokter, gigi berlubang juga bisa diatasi dengan cara alami sebagai berikut:
1. Bawang Putih
Bumbu dapur yang selalu dibutuhkan untuk campuran berbagai masakan ini ternyata dapat berfungsi sebagai antibiotik alami. Sifat antibiotik yang dimiliki oleh bawang putih ini sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang Anda. Cara penggunaannya bisa dengan membagi satu btir bawang putih menjadi dua dan menggosokkannya langsung ke gigi atau yang lebih efektif, umbuk dahulu satu suing bawnag putih hingga halus. Tambahkan sedikit garam dan oleskan pada gigi yang sakit.
2. Garam
Seperti bahan campuran bawang putih di atas, garam juga ampuh dalam menghilangkan rasa sakit gigi akibat gigiberlubang. Caranya pun tidak sulit, larutkan garam dalam segelas air mineral hangat kemudian aduk hingga merata. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur. Sebaliknya, jangan pernah langsung mengunyah garamnya.
3. Cengkeh
Masih seputaran bumbu dapur, bahan alami selanjutnya adalah cengkeh. Cengkeh mengandung anti-inflamasi, antioksidan dan anti bakteri. Anda hanya perlu memberli minyak cengkeh dan menyemprotkannya sedikit ke kapas yang bersih. Tempelkan pada gigi yang sakit beberapa saat.
4. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji biasanya dikenal sebagai penawar diare alami yang sangat mujarab. Siapa sangka ternyata daun jambu biji juga dapat meredakan sakit gigi. Caranya gamoang, cukup kunyah satu atau dua lembar dauh jambu biji dan gosokkan pada gigi Anda yang sakit. Anda juga dapat menambahkan garam sebagai campurannya.
5. Jeruk Nipis
Tak bisa digeser, jeruk nipis masih menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Cara pengobatan sakit gigi dengan jeruk nipis ini pun sangat mudah yaitu Anda hanya meneteskan sedikit demi sedikit air perasan jeruk nipis pada gigi yang sakit. Lakukan ini selama 10 menit. Jeruk nipis mengobati sakit gigi dengan kandungan itamin C-nya yang melimpah.
Demikianlah informasi singkat mengenai bahaya membiarkan gigi berlubang dan cara alami dalam mengatasinya. Atasi masalah gigi berlubang Anda secara tuntas dan jaga selalu kesehatan dan kebersihan gigi Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon