Senin, 27 Februari 2017

Ancaman Stress Bagi Kesehatan dan Cara Mengatasinya

Tags


Ancaman stress bagi kesehatan – Faktor penyebab utama dari berbagai penyakit yang menyerang seseorang adalah stress. Cara untuk tetap sehat seumur hidup pun tak lain dan tak bukan adalah dengan menghindari stress. Mungkin Anda bertanya-tanya di dalam hati, bagimana stress dapat berdampak pada kesehatan?
Faktanya, kalkulasi sekitar 60% penyaki, gangguan kesehatan dan kondisi medis lainnya akan muncul akibat dari stress ini. Hampir di setiap pembahasan berbagai penyakit menyebutkan bahwa stress lah salah satu faktor penyebabnya. Ketahui beberapa ancaman stress bagi kesehatan umumnya seperti di bawah ini:
Ancaman Stress Bagi Kesehatan
• Mengganggu Sistem Saraf Pusat
Stress biasanya akan langsung menggangu sistem saraf pusat Anda. Anda akan merasakan sakit kepala, pusing, gangguan cemas, ADD/ADHD, mudah marah dan panik akibat dari sistem saraf yang terganggu ini.
• Mengganggu Gigi dan Mulut
Hal yang biasanya disebabkan oleh stress pada bagian gigi dan mulut ini adalah grinding pada gigi dan ketegangan rahang.
• Menggangg Sistem Pencernaan
Stress juga akan menggangu sistem pencernaan Anda. Sakit perut, gangguan usus (IBS) dan nyeri otot perut adalah segolongan kecil dari gangguan di sistem pencernaan yang diakibatkan oleh stress.
• Menyerang Jantung
Stress dalam risiko terburuk, dapat pula menyerang jantung Anda. Denyut jantung orang yang menderita stress biasanya akan lebih tinggi, sampai menyebabkan hipertensi dan diabetes.
Setelah mengetahui betapa besar ancaman stress bagi kesehatan Anda. Sudah saatnya Anda melakukan serangkaian hal sebagai cara mengatasinya. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stress.
• Buat Jadwal Kegiatan Rutin
Stress akan semakin parah jika Anda menurung diri tanpa melakukan kegiatan apapun. Jadi, pastikan Anda membuat jadwal kegiatan. Cukup yang fleksibel saja. Jangan sampai Anda malah tertekan dengan jadwal tersebut.
• Jogging
Melakukan olahraga seperti jogging di alam terbuka adalah salah satu langkah tepat dalam mengurangi stress dan beban pikiran.
• Tidur yang Berkualitas
Kurang tidur bukan hanya dapat mengganggu kesehatan fisik namun juga menyebabkan stress. Aturlah jadwal tidur Anda dengan baik.
• Sering-seringlah bercanda
Jangan terlalu kaku, lepaskanlah segala dalam candaan bersama teman seumuran Anda. Bercanda ampuh dalam mengurangi stress.
Itulah pembahasan mengenai ancaman stress lengkap dengan cara mengatasinya. Perangi stress sebisa mungkin, maka tubuh sehat bukan lagi dambaan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon