Senin, 27 Februari 2017

7 Cara Mengatasi Migrain Secara Alami

Tags


Cara mengatasi migrain secara alami – Migrain atau sakit kepala sebelah adalah salah satu dari 20 gangguan medis yang banyak diderita oleh penduduk dunia berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) World Health Organization. Migrain merupakan gangguan kronis berupa sakit kepala ringan hingga berat yang biasanya berkaitan dengan sistem syaraf otonom. Migrain ditandai dengan adanya tekanan atau nyeri yang hebat pada separuh bagian kepala.
Penyebab migrain sendiri beragam mulai dari pelebaran pada pembuluh darah yang terletak di sekitar pelipis, pelepasan zat kimia tertentu oleh tubuh, faktor genetik, makanan, atau lingkungan. Gangguan tersebut biasanya menyerang pada sebagian sisi kepala, selama beberapa jam ataupun hari. Penyakit ini sering disertai dengan mual, muntah, lengan dan kaki menggigil, sensitif terhadap cahaya dan suara. Rasa sakit akan bertambah parah, jika penderita migrain melakukan aktivitas fisik.
Cara Mengatasi Migrain Secara Alami
Meskipun belum ada obat tertentu yang dapat digunakan untuk mengatasi migrain, namun Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami dibawah ini untuk mengurangi frekuensi maupun tingkat keparahannya.
1. Jahe hangat
Miinum jahe hangat, selain berfungsi untuk meredakan mual, minuman jahe memiliki sifat sebagai anti inflamasi yang dapat melawan efek dari prostaglandins, senyawa kimia yang dapat memicu peradangan pada pembuluh darah di otak sehingga menyebabkan migrain.
2. Apel
Siapa sangka, memakan sebuah apel dapat membantu meredakan gejala migrain dan mengurangi intensitas kambuhnya sakit migrain. Tidak hanya itu, menghirup aroma harum apel hijau juga mampu membantu mengurangi rasa sakit yang teramat pada seseorang yang menderita migrain terutama jika penderita tersebut menyukai aroma apel.
3. Cuka apel
Cuka apel dapat membantu meredakan gejala migrain dan membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh serta mengontrol kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu saja, cuka apel juga efektif dalam mengendalikan tekanan darah, mengurangi nyeri pada tulang, menurunkan berat badan dan meredakan konstipasi.
4. Pijatan
Memijat area yang terasa sakit pada area kepala dapat membantu mengurangi rasa sakit pada migrain. Pijatan di daerah kepala mampu menghambat sinyal rasa sakit dalam otak serta memicu produksi senyawa serotonin yang dapat meredakan rasa nyeri akibat tekanan. Sebuah study yang dipublikasikan dalam the Annals of Behavioral Medicine pada tahun 2006 menyebutkan bahwa terapi pijat mampu membantu mengatasi rasa sakit pada migrain.
5. Cobalah Hidroterapi

Celupkan kaki Anda ke dalam air dingin, kemudian tempelkan handuk hangat pada leher. Cara ini mampu memperlancar aliran darah dari kepala ke kaki. Setelah itu, mandi menggunakan air hangat.

6. Olahraga Ringan

Bagi sebagian penderita migrain, cara ini efektif untuk meredakan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan peredaran darah.



7. Istirahatkan Tubuh Anda

Ketika migrain menyerang, tidur merupakan solusi terbaik untuk relaksasi sistem otak. Selain itu perbanyak minum air, dehidrasi merupakan salah satu penyebab migrain. Jaringan otak akan menurun ketika kekurangan asupan cairan.

Itulah tadi 7 cara alami mengatasi migrain secara alami yang dapat Anda lakukan ketika migrain seketika menyerang. Jaga selalu kondisi tubuh agar tetap sehat, bugar dan terhindar dari berbagai gangguan masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon