Senin, 27 Februari 2017

5 Kebiasaan Buruk Pemicu Stroke

Tags


Kebiasaan buruk pemicu stroke – Stroke merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Stroke adalah kondisi yang terjadi karena adanya sel otak yang mati. Seseorang yang menderita stroke akan mengalami kelumpuhan pada beberapa bagian tubuhnya, susah dalam berbicara dan lain sebagainya.Kondisi ini muncul akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan berkurangnya suplai darah dan oksigen ke otak. Penyakit ini bukan hanya menyerang orang yang lanjut usia saja, melainkan juga bisa menyerang orang yang berusia muda. Stroke disebabkan oleh bermacam-macam hal termasuk oleh kebiasaan buruk yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya.
1. Merokok dan Mengonsumsi Alkohol
Kebiasaan buruk pertama yang dapat memicu stroke adalah kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Seperti yang kita tahu bahwa stroke terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah yang kemudian menyebabkan terputusnya pasokan darah ke otak. Zat nikotin yang ada di dalam rokok dapat mengendap pada pembuluh darah.
Sedangkan pada pecandu alkohol, kasusnya sedikit berbeda. Alkohol yang masuk ke dalam tubuh kita akan dianggap sebagai zat asing dan menyebabkan volume darah meninggi. Kebutuhan untuk mengalirkan darah pun mendapat tekanan besar. Hal ini kemudian dapat membuat berkurangnya pasokan darah ke otak.
2. Kurang Olahraga
Melakukan kegiatan fisik tentu sangat berperan dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan berolahraga. Kebiasaan mager (malas gerak), akan menjadi salah satu penyebab stroke. Oleh karena itu, jika Anda ingin terus sehat dan terhindar dari stroke, rutinlah berolahraga.
3. Stress
Stress biasanya jadi penyebab nomor satu para penderita stroke. Stress sebenarnya wajar dialami oleh seseorang dengan catatan, masih bisa dikendalikan. Stress yang sudah tidak dapat dikendalikan berdampak sangat buruk pada kesehatan Anda. Kondisi stress berat akan membuat organ-organ di dalam tubuh tidak bisa bekerja secara optimal yang akhirnya menyebabkan stroke.
4. Kurang Tidur
Terlihat sepele, tapi nyatanya, kurang tidur adalah sebuah bom waktu yang akan meledak nantinya dan mengancam kesehatan Anda. Tidur diperuntukkan agar tubuh beristirahat. Kekurangan tidur akan menyebabkan tubuh lemas dan mudah lelah. Proses metabolism di dalam tubuh pun akan kacau akibat kurangnya waktu tidur ini.
5. Konsumsi Makanan Berlemak dan Bergaram Tinggi
Makanan tentu saja menjadi faktor penting sebuah penyakit. Pasalnya ia langsung masuk ke tubuh kita. Makanan berlemak dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh sedangkan makanan bergaram dapat memicu hipertensi yang semuanya berujung pada stroke.
Demikianlah ulasan mengenai 5 kebiasaan buruk yang dapat memicu stroke. Hindari semua kebiasaan buruk ini, maka risiko stroke Anda akan jauh menurun.

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon