Kamis, 01 Desember 2016

Tips Alami agar BAB Anda Lebih Lancar dan Rutin




Buang air besar merupakan aktivitas rutin yang mestinya kita lakukan sehari-hari. Hal tersebut juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kita sehat. Ada yang masuk lewat makanan, dan ada yang dikeluarkan, sisa-sia makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, melalui proses buang air besar.

Namun tidak jarang karena gaya hidup, pola makan yang salah, makan yang tidak teratur, semuanya membuat proses BAB menjadi tidak teratur pula. Akibatnya banyak kotoran yang seharusnya terbuang dalam proses BAB justru terhambat. Padahal semua orang ingin BAB nya lancar.

Sangat mungkin ada yang salah dengan gaya hidup Anda bila proses BAB tidak teratur dan malah membuat stress. Kebanyakan orang mengalami susah BAB sebab pola hidup dan mereka yang sembarangan. Bisa jadi dari makanan maupun kebiasaan sehari-hari.

Sebagian mengatasinya dengan obat pencahar. Namun tentu saja itu tidak bisa dilakukan terus-terusan karena akan berakibat kurang baik bagi pencernaan kita. Banyak tulisan yang menyatakan obat ini kurang bagus untuk kesehatan liver dan ginjal Anda.

Nah bila Anda ingin mencoba cara alami yang lebih aman, coba perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Seimbangkan Cairan Dan Serat


Dilansir dari quickanddirtytips.com, serat dan cairan lebih bisa berkombinasi dengan baik dalam pencernaan dibandingkan berjalan sendiri-sendiri. Selagi Anda rajin minum air putih, imbangi dengan serat sayur dan buah. Keduanya bisa membantu jalur pencernaan makanan lebih lancar.

Beberapa buah yang direkomendasikan antara lain adalah pisang, pepaya dan semangka. Sementara untuk cairan yang Anda konsumsi, tetap perbanyak air putih atau jus buah dan sayuran.

2. Kurangi Konsumsi Kopi dan Teh


Kopi adalah pedang bermata dua bagi pencernaan. Beberapa orang mudah merasakan perut melilit akibat minum kopi. Hal ini bisa memaksa perut untuk mengeluarkan sisa pencernaan, namun juga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Bila Anda adalah peminum yang cukup aktif dari kedua jenis minuman ini, sebaiknya perbanyak konsumsi serat Anda. Seperti pada poin pertama.

3. Diet Karbohidrat Seringkali Menyebabkan Konstipasi

Tidak makan nasi tapi banyak makan protein dan serat juga bisa menghambat pencernaan Anda. Seringkali seorang dieter karbohidrat memang tidak makan karbo, tapi menambah suplai protein dan tidak menambah serat. Hal inilah yang juga menyebabkan konstipasi.

4. Susu Yang Menyebabkan Susah BAB

Susu dan produk susu bisa menjadi penyebab Anda sulit buang air besar. Susu memang kaya kalsium dan biasanya hal ini akan memberatkan kinerja pencernaan di area ginjal. Bila Anda tak bisa hidup tanpa susu, bisa menggantinya dengan susu kedelai atau mengonsumsi makanan yang diperkaya magnesium dan potasium.

5. Jangan Begadang

Begadang membuat detoksifikasi tubuh Anda terhambat. Pada jam-jam tertentu, tubuh kita sebenarnya melakukan regenerasi sel dan detoksifikasi pada bagian pernafasan, pencernaan dan beberapa bagian tubuh lainnya. Bila Anda begadang, maka hal ini membuat tubuh tak sempat mengeluarkan racun.

Biasakan untuk mulai berhenti makan 3-4 jam sebelum Anda tidur. Perlu juga untuk tidur tepat waktu dan mulai hari Anda dengan membersihkan usus, yaitu minum air putih atau perasan lemon yang diberi air.

Cobalah beberapa langkah di atas, Ladies. Lancar dalam BAB juga mencegah agar perut Anda tetap langsing dan sehat.

Salam sukses dan sehat selalu untuk Anda dan keluarga.

NB: Minum FIFORLIF agar BAB lebih lancar

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon