Jumat, 01 April 2016

Pola Makan Sehat Untuk Diet

http://www.tokofiforlif.id/p/cara-order.html

Diet bukan hanya tentang mengurangi jenis asupan makanan tertentu dan memperbanyak jenis makanan berserat. Diet juga harus diimbangi dengan pola makan yang tepat. Diet juga tidak menganjurkan melewatkan satu waktu makan tertentu atau hanya makan sehari sekali. Tidak semua tubuh dapat tahan dengan cara tersebut. Pola makan sehat untuk diet dapat dilakukan dengan cara seperti berikut,

Jangan melewatkan sarapan atau makan malam


Banyak orang yang menggunakan cara diet makan sehari sekali, biasanya hanya pada siang hari. Cara diet ini hanya akan membuat tubuh lemas karena kekurangan nitrisi, bahkan bisa membuat tubuh kurang gizi. Makanlah minimal 3 kali sehari sesuai anjuran ahli kesehatan. Berhentilah makan sebelum merasa kenyang dan pilihlah makanan berserat tinggi.

Makan dengan porsi kecil namun sering


Makan 6 hari sekali dengan porsi kecil lebih baik dari pada makan sehari sekali tanpa aturan pemilihan makanan dan aturan jumlah porsi. Makan lebih sering akan membuat sistem metabolisme tubuh terus berjalan dengan normal jika porsinya kecil. Hal ini mematahkan anggapan bahwa ngemil adalah hal yang harus dihindari saat diet, ngemil yang sehat adalah ngemil dengan bahan makanan yang sehat juga.

Pola makan ini juga harus diimbangi dengan diet yang benar tanpa mengambil asupan bahan kimia dari obat diet yang berbahaya. Berikut tips sukses diet alami yang aman bagi tubuh,
  1. Gantilah sumber karbohidrat dengan karbohidrat yang lebih baik seperti beras merah atau roti gandum. Bahan makanan ini mengandung karbohidrat untuk menambah energi dan juga serat yang tinggi untuk kelancaran pencernaan. Kandungan glukosa dalam beras merah dan gandum juga sangat minim dibandingkan dengan beras putih.
  2. Ngemil sehat dengan makanan sehat. Selama ini ngemil identik dengan makanan yang digoreng dan makanan manis dengan kandungan gula tinggi. Ganti makanan tersebut dengan potongan buah yang diberi madu, bisa juga ngemil kacang-kacangan berserat tinggi seperti kacang almond, kedelai rebus dan edammame.
  3. Minum air yang cukup. Minum air yang cukup dapat merangsang tubuh lebih cepat mengeluarkan air yang sudah dicerna dan membawa zat-zat beracun keluar dari tubuh. Air yang dikombinasikan dengan buah-buahan akan membantu mendetoks tubuh secara alami.

Inti dari diet alami adalah memilih makanan sehat yang dipadukan dengan aktivitas fisik untuk membakar kalori. Makanan sehat yang dapat dipilih adalah

Kacang-kacangan


Jenis kacang tertentu seperti kacang kedelai jepang atau edamame, kacang almond dan kacang polong tergolong pada makanan dengan kandungan protein dan serat tinggi.

Buah-buahan


Buah sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Para ahli kesehatan mengungkap kandungan antioksidan pada buah yang dapat memerangi racun dari radikal bebas yang ada dalam tubuh. Kandungan vitamin tinggi dari buah juga dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral saat sedang diet.

Sayur-sayuran


Sayur juga mengandung banyak nutrisi sehat untuk diet. Kandungan zat besi, vitamin dan mineral pada sayur akan mencukupi nutrisi saat sedang diet. Kandungan seratnya juga membantu proses pencernaan lebih lancar.

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon