Selasa, 12 Januari 2016

Manfaat Makanan yang Mengandung Serat Tinggi


Sekarang ini banyak ditemui orang yang berpenyakitan, sangat jarang yang sadar dengan pola hidup sehat. Padahal untuk menerapkan pola menu sehat sangat mudah, salah satunya dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat.

Manfaat makanan berserat bagi tubuh sangat banyak, diantaranya bisa melancarkan kerja usus besar, dapat menghindarkan tubuh dari gejala diabetes, dapat membuat berat tubuh lebih ideal.

Selain itu juga bisa membantu mencegah terjadinya stroke, dan juga bisa membantu melindungi tubuh dari serangan jantung. Dan masih banyak lagi manfaatnya, makanan yang mengandung banyak kolesterol seperti daging kambing, sapi, olahan susu, cream, keju dan sebagainya bisa memacu kolesterol tinggi.

Untuk bisa menurunkan kadar kolesterol bisa juga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dan variasi biji- bijian.

Menjaga tubuh tetap sehat itu sangat penting, apalagi juga didukung dengan olah raga dan mengkonsumsi air putih dalam porsi yang cukup untuk tubuh. Karena ketika sudah terkena penyakit, maka baru akan terasa bila sehat itu mahal.

Padahal, pada dasarnya pola hidup sehat dan menerapkan menu sehat dalam keseharian bisa membuat diri tetap sehat, dan tidak mahal. Syukur2 bisa menurunkan berat badan Anda. Keuntungan bagi orang yang menyukai sayur dan buah bisa mempunyai daya tahan dari penyakit lebih baik dari pada mereka yang jarang makan sayuran. Berikut daftar makanan berserat diantaranya :

  1. Buah alpukat, alpukat mempunyai serat tinggi, selain itu juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu membantu menurunkan kolesterol, serta bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Buah ini juga cocok untuk menu untuk diet, karena membantu perut menahan lapar, bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan juice.
  2. Kacang merah, kacang merah banyak mengandung protein, zat besi dan juga serat. Kacang merah biasa digunakan oleh binaragawan untuk tambahan protein.
  3. Buah Kiwi, buah ini mengandung serat sebesar 3 gram per 100 gram. Sangat tasty, dan mempunyai serat paling tinggi diatara buah lainnya.
  4. Buncis, mengandung anti oksidan seperti buah apel yang bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, dan juga bisa membantu mencegah resiko penyakit jantung dan kanker. Sayuran ini mengandung kaya serat, bisa sikonsumsi sebagi juice dan campuran olahan sayur dan lauk.
  5. Outmeal , olahan ini mengandung beta glucan. Punya efek untuk menuurunkan kolesterol tinggi dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengandung serat yang sangat tinggi, bisa dikonsumsi untuk sarapan. Jenis makanan ini bisa juga menguatkan jantung, dan menetralisir penyakit jantung.
  6. Jagung, tanaman ini bisa digunakan sebagai pengganti karbohidrat. Serat yang terkandung begitu banyak, bisa juga diolah sebagai popcorn.
  7. Kacang polong, ini termasuk kacang-kacangan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Ukurang secangkir kacang polong bisa mengandung sekitar 16,3 gram serat.
  8. Bayam, sayur bayam termasuk sayuran yang mudah untuk ditemukan di pasaran. Sayuran ini banyak mengandung zat lutein yang mmpunyai fungsi untuk melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam bisa diolah menjadi sayur, lauk dan juice, apabila dikonsumsi setiap hari bisa menjadi obat manjur untuk menurunkan kolesterol.
  9. Kedelai, kedelai termasuk jenis kacang-kacangan yang bisa diolah menjadi tahu, tempe, susu kedelai dan sebagainya. Jenis tanaman ini selain mengandung banyak serat dan jugamengandung zat isoflavin yang mampu menekan kolesterol jahat agar tidak berkembang.

Beberapa jenis tanaman di atas merupakan contoh makanan berserat yang mampu memberikan fungsi lebih pada tubuh sehingga bisa membuat tubuh lebih sehat.

AGEN FIFORLIF Membantu Anda Menyediakan Makanan Berserat yang Komplit dan Lengkap

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon