Sabtu, 02 Januari 2016

Gejala Fisik Penanda Tingginya Kadar Kolesterol

Tags

Sekarang ini banyak beredar berbagai jenis makanan, semua orang punya cita rasa untuk membuat menu baru setiap harinya. Tak ayal bila banyak orang yang mulai sering berburu kuliner, karena selalu ada yang baru. Seiring berjalannya waktu banyak juga yang kena penyakit kolesterol. Tanda-tanda kolesterol tinggi punya beberapa ciri, diantaranya :

  • Bagian kaki dan tangan sering kesemutan

Kesemutan merupakan implikasi dari ketidaklancaran aliran darah pada tubuh, saraf yang tidak mendapatkan aliran darah akan menjadi kesemutan. Tingginya kadar kolesterol pada darah bisa mengakibatkan darah mengental dan tidak mengalir dengan baik.
  • Dada nyeri bagian kiri.

Dada erasa nyeri merupakan gejala kolesterol. Dada sebelah kiri dekat dengan jantung, yang mempunyai peran sebagai pemompa darah. Ketika pembuluh darahnya tersumbat, akan mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa, bisa menjalar hingga ke bagian leher. Bila hal ini terus terjadi bisa mengakibatkan serangan jantung, hal ini bisa terjadi karena kadar kolesterol terlampau tinggi.
  • Terasa pusing di bagian belakang kepala.

Penyumbatan pembuluh darah di area sekitar kepala bisa mengakibatkan pusing di bagian belakang kepala. Kolesterol yang mulai membentuk plak di pembuluh darah bisa mengakibatkan penyumbatan tersebut. Bila hal ini terus menerus dibiarkan maka bisa mengakibatkan stroke, karena apabila hal ini didiamkan bisa membuat pembuluh darah menjadi pecah.
  • Kaki terasa pegal

Pembuluh kaki yang tersumbat bisa terjadi akibat penimbunan kolesterol. Penumpukan atau penimbunan ini rata-rata terjadi secara terus menerus berkelanjutan. Mungkin pada pertama sedikit demi sedikit, namun setelah itu akan terus menerus terjadi sampai akhirnya bisa menjadi penumpukan yang membaut kaki terasa pegal. Aliran darah tidak lancar.
  • Tangan terasa pegal.
Tangan yang kebas dan pegal tidak hanya dari pekerjaan berat. Namun hal ini bisa akibat dari penumpukan kolesterol yang menumpuk. Begitu banyaknya kolesterol yang menumpuk bisa membuat aliran darah tersumbat dan membuat tangan terasa pegal.
  • Pundak dan tengkuk terasa pegal.

Ketidaklancaran aliran darah pada tubuh bisa membuat tubuh merasa sakit. Walau itu hanya aliran darah, namun ini tidak bisa dipandang remeh. Karena dengan tidak kelancaran pembuluh darah bisa membuat badan terasa pegal. Seprti pada pundak yang pegal dikarenakan aliran darah yang tidak lancar. Penyumbatan ini bisa dikarenakan karena kadar kolesterol yang tinggi.

Kadar kolesterol di dalam darah cukup penting untuk diketahui. Karena hal ini termasuk upaya untuk mencegah penyakit jantung dan penyumbatan-penyumbatan pembuluh darah. Pemeriksaan sederhana bisa dilakukan untuk memberitahu total angka kolesterol. Kadar kolesterol dibedakan menjadi dua yaitu ada yang merupakan kolesterol jahat, sebutannya biasa dilabeli kolesterol LDL. Sedangkan kolesterol baik yaitu HDL. Pemantauan pemeriksaan kadar kolestrol bisa dilakukan berkala untuk tetap memantau kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kesehatan sangat penting untuk dijaga, dengan kesehatan yang terjaga semua pekerjaan bisa dikerjakan dengan cara terbaik dan tidak terabaikan. Melakukan pekerjaan terlalu over pun juga tidak bagus, jadi perlu diimbangi dengan istirahat yang cukup, olah raga juga dijaga untuk menambah stamina, serta yang paling penting adalah pola menu sehat.

Maka tak heran bila ditemukan orang yang sering merasa mengeluh pundak terasa berat, kepala pusing, kemudian sering mengalami kesemutan hal tersebut bisa diakibatkan karena kadar kolesterol yang tinggi, ataupun karena penumpukan kolesterol yang akhirnya bisa menyumbat peredaran darah. Sehingga darahnya tidak mengalir dengan lancar, perlu untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon