Senin, 11 Januari 2016

Contoh Makanan Berserat Tinggi yang Baik bagi Kesehatan

Makanan yang mempunyai kadar serat tinggi bisa membantu menurunkan kolesterol, membantu mengatasi diabetes, membantu mencegah terjadinya stroke dan penyakit jantung.

Beberapa contoh makanan berserat, seperti sayuran-sayuran hijau, buah-buahan, jenis kacang-kacangan dan juga biji-bijian. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena bisa juga melancarkan sistem pencernaan manusia, bisa menjada berat badan menjadi ideal dan lain sebagainya. Asupan serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya sekitar 25 sampai 40 gram.

Ada beberapa contoh sayuran dan buah yang mengandung serat tinggi, dan bahkan bisa menurunkan berat badan bila dikonsumsi teratur. Contoh buah berserat tinggi :
  1. ALPUKAT
    Alpukat, ya buah ini mengandung sekitar 10 gram serat. Bisa dikonsumsi dalam satu harinya kurang lebih 1 buah yang berukuran sedang.
  2. BERRIES
    Berries adalah macam buah berry bisa mengadung 8 gram serat dengan ukuran satu cangkirnya.
  3. JAMBU BIJI MERAH
    Buah jambu biji merah, tahukah Anda, dalam 100 gram buah jambu biji ini mengandung sekitar 7,3 gram serat. Sangat efektif untuk melancarkan pencernaan dan konstipasi.
  4. PEPAYA dkk
    Pepaya, apel, jeruk, pisang dan pir ukuran per buahnya mengandung sekitar kurang dari 5 gram serat.
  5. ANGGUR KERING
    Anggur kering mengandung serat sebesar 1 gram dalam setiap ukuran 1 onsnya.

Sedangkan pada sayuran hijau dapat juga ditemui sayuran yang berserat tinggi. Beberapa di antaranya adalah yang banyak mengandung serat hingga 4 gram dalam setiap penyajian begitu menurut para ahli :
  1. Bit hijau
  2. Bayam
  3. Lobak hijau
  4. Brokoli
  5. Kentang kecil panggang
  6. Wortel mentah.

Serat juga terdapat dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, diantaranya yaitu pada:
  1. Oatmeal Instan
  2. Beras
  3. Gandum
  4. Popcorn
  5. Kacang hitam
  6. Kacang merah
  7. Kacang mete
  8. Kacang almond
  9. Kacang hijau mengandung setidaknya 8,8 gram serat dalam setiap cangkir.
  10. Kacang kedelai memberikan 11 gram serat dalam setiap cangkir.

Banyaknya bahan makanan yang mudah ditemukan dimana saja, hanya tergantung pada setiap orang yang sadar atau tidak dalam menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat mampu memberikan daya tahan pada kesehatan. Pada kehidupan metropolis tidaklah mudah menerapkan pada sebagian orang yang biasa mencicipi makanan di luar. Namun, bukan berarti tidak bisa mencoba menerapkan pola makan yang sehat. Karena setiap tubuh punya kebutuhan akan asupan serat.

Dominasi dalam konsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol dapat diatasi dengan menggunkan serat. Mengkonsumsi sayuran dan buah setiap hari, mampu memberi asupan yang tepat pada tubuh. Bukan berarti manusia tidak tergoda dengan sejenis makanan junkfood yang banyak mengandung kolesterol dan gula yang dapat menyumbat peredaran darah.

Gaya masyarakat urban telah banyak didominasi dengan makanan siap saji, berbagai macam kuliner dan makanan baru yang tidak lepas dari lemak dan kolesterol. Hal ini sangat memicu kesehatan menjadi buruk.

Beberapa makanan yang penyumbang kolesterol tinggi, baik olahan atau bukan diantaranya seperti
  • Daging kambing
  • Seafood
  • Jeroan kambing dan sapi
  • Keju
  • Susu sapi
  • Coklat
  • Mentega
  • Daging
  • Telur
  • Cream
  • Makanan bersantan

Orang yang sering mengkonsumsi makanan di atas tanpa mengimbangi makanan yang berserat makan akan mudah mengalami kolesterol tinggi. Jadi apabila ingin mengkonsumsi makanan yang mengadung lemak, seperti makan daging sebaiknya pilih daging yang tanpa lemak, atau bisa juga dibuang dulu lemaknya.

Pola makan dengan menu banyak lemak bisa membuat tubuh lebih rawan terjangkit penyakit. Sehingga manfaat serat bagi kesehatan sangatlah dominan, jadi cukupilah asupan serat untuk menghindari banyak penyakit.

Trimakasih telah menyimak artikel dari TokoFiforlif.id Agen Resmi FIFORLIF Indonesia.

Artikel Terkait

Silakan berkomentar. Kritik dan saran kami nantikan untuk perbaikan www.TokoFiforlif.id
EmoticonEmoticon